PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERHADAP SISWA KELAS IV DIUPAYAKAN LEWAT PENERAPAN PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR AND HOW SEBAGAI ACUAN PADA MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2011/2012 DI SD NO. 5 BANJAR JAWA

Gusti Nyoman Reniasih

Abstract

Kemampuan siswa kelas IV Semester genap SD No.5 Banjar Jawa tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPA tergolong masih rendah. Sebagian siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam mata pelajaran IPA telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini menunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 65 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 67. Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 76. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 32% pada data awal menjadi 72% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 92%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.