PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN BANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Ni Luh Kadek Rusmini

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan metode bimbingan kelompok berbantuan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Permasalahan awal yang terjadi adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa akibat penggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teori yang kurang memadai. Setelah data dikumpulkan menggunakan alat berupa tes prestasi belajar, nilai rata-rata awal semua sebesar 56 naik menjadi 61 pada siklus I dan naik menjadi 69 pada siklus II. Hasil pada siklus II sudah sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian oleh karenanya penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan perolehan data tersebut dapat dipastikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode bimbingan kelompok berbantuan media pembelajaran dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.