BIMBINGAN INDIVIDUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES
Abstract
Sebagian besar siswa di kelas IX B SMP Negeri 4 Nusa Penida belum mencapai tingkat ketuntasan belajar yang ditetapkan di sekolah ini yaitu 76. Dari kekurangan yang ada di lapangan tersebut, peneliti mengupayakan sebuah kajian ilmiah dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Inkuiri dengan bimbingan individual dalam pelaksanaan proses belajar mengajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian yang dilakukan dalam dua siklus menggunakan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi pada setiap siklusnya memfokuskan pencairan datanya menggunakan tes prestasi belajar dan melaksanakan analisis dengan analisis deskriptif. Setelah dilakukan refleksi, terjadi peningkatan prestasi siswa dari rata-rata nilai 73,71 meningkat menjadi 76,67 rata-rata kelasnya pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 79,71. Data tersebut menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian sesuai indikator yang dicanangkan. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model Inkuiri dengan bimbingan individual dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar mereka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.