OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEKTUAL TEACHING AND LEARNING SEBAGAI UPAYA PENDAHULUAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

I Putu Tastrawan

Abstract

Pembukaan proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIB di SMPKatolik pada semester I tahun pelajaran 2011/2012 Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 45,80% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 68 dengan ketuntasan belajar 75%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model CTL Mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIB di SMP Katolik Santo Paulus Singaraja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.