UPAYA MAKSIMAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SD GUGUS V KECAMATAN BULELENG MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN

Nyoman Suastika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan guru SD gugus V kecamatan buleleng dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru SD gugus V kecamatan Beleleng sebanyak 20 orang. Data guru dikumpulkan dengan metode observasi pengawasan dan penilaian tugas guru. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan proses pembelajaran, dimana rata-rata peningkatan melaksanakan proses pembelajaran dari 74 pada siklus I menjadi 86 pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran guru telah mampu meningkatkan kemampuannya dengan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.