IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDHU DALAM KEMAMPUAN PRAKTEK YADNYA

Made Winingsih

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD No.1 Pemaron yang tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas, proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan siklustik. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian sebanyak 23 siswa, yang diambil dari siswa kelas III Semester I yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar Agama Hindu siswa. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan rerata hasil belajar Agama Hindu dari prasiklus ke siklus I sebesar 2 poin, prasiklus ke siklus II sebesar 10 poin, dan siklus I ke siklus II sebesar 8 poin. Dari hasil analisa data diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktek model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan hasil belajar Agama Hindu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.