KONTRIBUSI ADVERSITY QUOTIENT (AQ), ETOS KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 SEMARAPURA PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

I Wayan Janiarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi dari: (1) adversity qoutient, (2) etos kerja, (3) budaya organisasi, terhadap (4) kinerja guru di SMA Negeri 2 Semarapura. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional terhadap guru-guru di SMA Negeri 2 Semarapura. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Untuk menguji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan analisis data yaang telah dikumpulkan. Dalam melakukan analisis data untuk penelitian ini ada tiga tahapan yang dilalui yakni: (1) tahap deskripsi data, (2) tahap pengujian prasyarat analisis, dan (3) tahap pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, temuan yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) Terdapat kontribusi yang signifikan adversity quotient (AQ) terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Semarapura pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022; besarnya kontribusi adalah (R square × 100%) 19,1%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan Etos kerja guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Semarapura pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022; besarnya kontribusi adalah (R square × 100%) 5,5%. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Semarapura pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022; besarnya kontribusi adalah (R square × 100%) 40,5%. (4) Secara bersama-sama terdapat kontribusi secara signifikan adversity quotient (AQ), Etos Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Semarapura pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022; besarnya kontribusi adalah (R square × 100%) 44,1%.

Full Text:

PDF

References

Afandi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Terhadap Kinerja dengan Etos Kerja sebagai Variabel Mediasi di Kecamatan Lubuk Sikaping. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 1 (1), 33-46.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta.

Erniwati. (2021). Work Ethic of Teachers in Improving Student’s Learning Achievement. Damhil Education Journal, 1 (1), 12-21.

Juwita, H. R., Roemintoyo., Usodo, B. (2020). The Role of Adversity Quotient in the Field of Education: A Review of the Literature on Educational Development. International Journal of Educational Methodology, 6 (3), 507-515.

Prayoga, S., & Yuniati, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Mataram. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5 (1), 5460.

Saputra, E., Suarman., & Natuna, D. A. (2019). The Contribution of Work Ethic and Teacher Motivation Toward the Teacher of Public Junior High School Performance in Selat Panjang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7 (1), 43-53.

Siphai, S. (2015). Influences of moral, emotional and adversity quotient on good citizenship of Rajabhat University’s Students in the Northeast of Thailand. Educational Research and Reviews, 10 (17), 2413-2421.

Stoltz, P. G. (2003). Adversity Question: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. (2018). Upaya meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3 (2), 90-97.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.