IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN I- IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 KUBU PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan (1) meningkatkan aktivitas belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Kubu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran I- IMPROVE, (2) meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Kubu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran I- IMPROVE. Penelitian ini menggunakan seting dua siklus, dimana setiap siklus memuat tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi-evaluasi, dan tahap refleksi. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Hasil analisis data menunjukkan, (1) Implementasi model pembelajaran I-IMPROVE dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Kubu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini diindikasikan dari rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 57,88 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 80,04 dengan kategori sangat aktif pada siklus II, atau meningkat sebesar 38,30%; dan (2) Implementasi model pembelajaran I-IMPROVE dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Kubu pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini diindikasikan dari rata-rata prestasi belajar siswa meningkat dari 75,11 dengan ketuntasan klasikal 63,33% pada siklus I menjadi 86,67 dengan ketuntasan klasikal 86,67% pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 15,38% dari asepk nilai rata-rata, dan meningkat sebesar 36,34% dari aspek ketuntasan belajar secara klasikal. Sejalan dengan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa untuk mencapai aktivitas belajar dan prestasi belajar yang optimal dalam belajar kimia, model pembelajaran I-IMPROVE dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam proses pembelajaran kimia.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur penelitian. Jakarta: Bumi Angkasa.
Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran
Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dirayanti, A. 2010. Pengaruh model pembelajaran think-explain-apply terhadap prestasi belajar sains siswa. Skipsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Pendidikan Ganesha
Djamarah, S. B. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 SMP Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.
Gagne, Robert M. 1990. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, Terjemahan: Munandir, Handy Kartawinata. Jakarta: Depdikbud.
Hart, D. 1994. Authentic assessment a hanbook for educators. New York: AddisonWesley Publishing Company.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, H. 1998. Pembelajaran Matematika Menurut Pandangan Konstruktivistik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Upaya-Upaya Meningkatkan Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Era Globalisasi. IKIP Malang, 4 April 1998.
Kanca, I Nyoman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mujib. 2016. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No. 2, 2016, Hal 167 - 180
Mevarech, Z.R. dan Kramarski. 1997. IMPROVE: A Multidimensional Method for Teaching Mathematics in Heterogeneous Classroom. American Educational Research Journal 34(2):365-394. Tersedia pada
http://www.jstor.org/discover/10.2307/1163362?uid=2&uid=4&sid=2110214 0356333
Nasir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Galia Indonesia.
Nasution, S. 1997. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nasoetion, S dan Thomas M. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana, W. & Sunartana, P. P. N. 1992. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Ridwan. 2008. Ketercapaian prestasi belajar. Artikel. Tersedia pada http:// ridwan 2008 .wordpress. com /2008 / 05/03ketercapaian-prestasi- belajar/.
Ratna Dewi, Sukasno, As Elly. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Improve dengan Metode Accelerated Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Math-Umb.Edu Vol 7(1) November 2019
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Santyasa, I W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Makalah. Disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2007.
Slavin, R. E. 1995. Cooperative learning, second edition. Boston: Allynand Bacon. Suherman, E H. 1993. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suratsih. 2010. Laporan Penelitian Potensi Lokal. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA UNY.
Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus
Besar Bahas Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.
Wedani, S. 2005. Pengaruh Pembelajaran dengan Prinsip-Prinsip Konstruktivisme terhadap Pengetahuan Konseptual Matematika Siswa Kelas I SMP Negeri 1 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Negeri Singaraja.
Wirata, S. 2006. Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE dengan Setting Kooperatif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-6 SMAN 2 Singaraja pada Pokok Bahasan Pertidaksamaan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika IKIP Negeri Singaraja.
Wenning, 2007. Assesing inquiry skills as a component of scientific literacy. J. Phys. Tchr. Educ. Online, 4(2), Winter 2007.
Yasa, D. 2008. Aktivitas dan Prestasi Belajar. Tersedia di http://ipotes.wordpress. com/2008/05/24/prestasi-belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.