PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS XI B PH SMK N 1 SINGARAJA PADA SMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kelas XI B PH, SMK Negeri 1 Singaraja di mana Hasil belajar Siswa rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Pendekatan Saintifik Dengan Metode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI B PH SMK Negeri 1 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes Hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya dengan rata- rata kelas 70,44 dengan ketuntasan 38,24% , pada siklus I menjadi 75,00 dengan ketuntasan belajar 61,76% dan pada siklus II menjadi 79,12 dengan ketuntasan belajar 91,18%. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa menggunakan Pendekatan Saintifik dengan Metode Diskusi Kelompok dapat meningkatkan Hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A.G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual ESQ Jilid 1. Jakarta: PT Arga Tilanta.
Akhmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 2005. Pembinaan Kemampuan Bebicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Fathurrohman, Pupuh, dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung:PT. RefikaAditama
Lazim. M. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : P3TK Seni dan Budaya Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.