IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VIII 2 SMP NEGERI 2 BANJAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015

Dewa Putu Wedana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjar di Kelas VIII 2 dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalampelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek keterampilanberbicara dengan menggunakan Metode Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw. Kondisi kemampuan berbicara siswa dalam berbicaramasih tergolong rendah, yang dibuktikan dengan prosentase ketercapaian KKM baru mencapai 16,22%. Metode pengumpulandatanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisisdatanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh daripenelitian ini adalah meningkatnya prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari adanya perkembangan hasil belajar dari hasil tes awal, Siklus I dan Siklus II. Perkembangan hasil belajar siswa adalah sebagaiberikut; rata-rata hasil belajar tes awal adalah 74,59; meningkat 3,73% menjadi 78,32 pada Siklus I; dan pada Siklus II rata-rata menjadi 82,27 dengan peningkatan 3,95%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII 2 SMP.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.