KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BULELENG

Luh Sudari

Abstract

Rumah sakit perlu melakukan analisis kekuatan, kelemahan, kesempatan dan tantangan di masa mendatang untuk menyusun strategi dalam menghadapi perubahan yang terjadi di masa sekarang dan sebagai antisipasi perubahan di masa mendatang. Perubahan yang terjadi meliputi: perubahan pola epidemiologi, perubahan demografi, perubahan ekonomi, perubahan teknologi, kebijakan pemerintah, kompetisi pasar dan harapan masyarakat terhadap kualitas pelayanan. Rumah sakit yang sukses di masa mendatang adalah rumah sakit yang mempunyai daya saing. Untuk memenangkan persaingan tersebut rumah sakit harus memberikan nilai dan kepuasan kepada pasien melalui jasa yang berkualitas dengan biaya bersaing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuisioner dengan sampel berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan accidental random sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Variabel kualitas pelayanan dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada RSUD Buleleng serta Variabel Harga merupakan variabel yang lebih dominan memengaruhi kepuasan pasien pada RSUD Kabupaten Buleleng.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.