STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN OUTSTANDING PIUTANG PADA PERSEROAN TERBATAS ARMADA FINANCE KANTOR PERWAKILAN SINGARAJA

I Gede Bayu Wiastawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta merumuskan strategi untuk mencapai keunggulan bersaing.Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner, kemudian analisisnya menggunakan Matrik SWOT.Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa kekuatan bagi PT Armada Finance KP Singaraja yaitu: pangsa pasar, bunga yang kompetitif, tenaga kerja yang professional, adanya kolektor, menjalin kerjasama dengan maklar dan dealer-dealer kendaraan, sumber daya manusia yang kompeten, dan dukungan pemerintah dan pengusaha. Kelemahan yaitu pemberian pinjaman yang terbatas, kurang gencarnya promosi yang dilakukan perusahan, sosialisasi penyampaian informasi perusahaan dan pembiayaan ke masyarakat belum maksimal, dan belum memanfaatkan teknologi untuk pemasaran dan layanan pelanggan. Peluangnya yaitu kebutuhan kendaraan bermotor meningkat, kerjasama dengan maklar dan delear, pertumbuhan usaha kecil dan menengah semakin baik, pangsa pasar masih positif, dan potensi dan kondisi geografis Kabupaten Buleleng. Ancaman yaitu nilai kendaraan menyusut tiap tahun, persaingan yang tidak sehat, krisis ekonomi global, banyaknya competitor, dan kebijakan pemerintah Indonesia.Berdasarkan interpretasi analisis SWOT, strategi yang dapat dilakukan adalah meliputi memperluas pangsa pasar, membangun dan memperkuat jaringan/kerjasama dengan maklar, dealer, pemerintah dan atau organisasi- organisasi yang ada di Singaraja mempertahankan dan meningkatkan kualitas maupun layanan perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.