KUALITAS LAYANAN, CITRA RUMAH SAKIT DAN LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BULELENG

Luh Putu Yuliariani

Abstract

Kontribusi positif sektor pelayanan kesehatan bagi suatu daerah memberi implikasi bagi semua pihak yang terlibat dalam industri pelayanan kesehatan untuk mengelola rumah sakit secara professional.Rumah Sakit perlu mengetahui bagaimana cara melayani pasien yang lebih efektif dan efisien. Apabila pelayanan yang diterima oleh pasien sesuai dengan yang diharapkan maka pelayanan tersebut dapat dikatakan baik.Melihat hal tersebut penulis ingin meneliti mengenai Kualitas Layanan, Citra Rumah Sakit dan Loyalitas Pasien.Tujuan dalam penelitian ini yaituUntuk mengetahui  pengaruhsecara parsial dan simultanKualitas Layanan dan Citra Rumah Sakit terhadap LoyalitasPasien pada RSUD Kabupaten Buleleng, sertauntuk mengetahui  variabel antara Kualitas Layanan dan  Citra Rumah Sakit yang berpengaruh lebih dominan terhadap Loyalitas Pasien pada RSUD Kabupaten Buleleng.Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu; analisis korelasi linear berganda, analisis regresi linear berganda, analisis determinasi, uji t,uji Fdan uji dominan.Hasil analisis korelasi linier berganda diperoleh koefisien korelasi (R) 0,863 ada pada interval 0,81 – 0,99 dengan tingkat hubungan yaitu korelasi sangat kuat.Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh model persamaan regresi:Y = -0,455+ 0,497X1 + 0,261 X2. Hasil Analisis Determinasi diperoleh sebesar 0,745, artinya 74,5 % kualitas layanan dan citra rumah sakit memengaruhi loyalitas pasien, sedangkan sisanya sebesar 25,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ikut diteliti.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.