PENGARUH MARKETING SKILL TERHADAP PRESTASI KERJA MELALUI INTERPERSONAL SKILL PADA ASTRA HONDA MOTOR

Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, Made Sri Rahayu

Abstract

Tenaga penjualan sering dianggap sebagai tulang punggung operasi penjualan perusahaan. Namun, pekerjaan penjualan apapun tanpa dukungan keterampilan pemasaran profesional menjadi kelemahan nyata. Seorang tenaga penjualan harus memahami cara pemasaran. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sangat penting bagi tenaga penjualan untuk mempelajari ilmu pemasaran. Memang, penjualan dan pemasaran harus saling melengkapi. Keterampilan pemasaran dan keterampilan komunikasi interpersonal diperlukan untuk pekerjaan penjualan yang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Marketing Skill Terhadap Prestasi Kerja Melalui Interpersonal Skill Pada Astra Honda Motor. Jumlah tenaga penjualan pada Astra Honda Motor sebanyak 33 orang yang akan digunakan sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Metode penyebaran kuesioner dan teknik analisis data yang dilakukan melalui aplikasi SmartPLS menjadi metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini. Hasil dalam penelitian menunjukkan nilai koefisien parameter hubungan keterampilan pemasaran dengan keterampilan interaksi personal yaitu 0,495 dan nilai t-statistik 2,924, keterampilan pemasaran terhadap prestasi kerja dengan nilai 0,875 dan nilai t-statistik 7,470. Kapasitas interpersonal untuk kesuksesan karir adalah 0,317 dan t-statistik adalah 3,101. Dapat tegaskan bahwa semua konstruk memiliki dampak positif dan signifikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.