IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENYELENGGARAAN SISTEM DATA POKOK PENDIDIKAN (DAPODIK) TERHADAP KEPEGAWAIAN PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABANAN. (STUDI KASUS DI SMP N 1 PENEBEL)

I Ketut Sukantha Artha Wibawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan programpenyelenggaraan Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di Dinas PendidikanKabupaten Tabanan, dengan fokus pada studi kasus di SMPN 1 Penebel. SistemDapodik merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola data pendidikan secaraterintegrasi, dan peranannya sangat penting dalam perencanaan dan evaluasikebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganmetode studi kasus, yang dilakukan melalui wawancara dengan kepala sekolah, stafpengelola Dapodik, serta observasi terhadap proses pengelolaan dan pemanfaatandata di SMPN 1 Penebel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan programDapodik di SMPN 1 Penebel sudah berjalan dengan cukup baik, meskipun terdapatbeberapa tantangan teknis dan sumber daya manusia yang perlu diperbaiki. Beberapahambatan yang ditemukan antara lain keterbatasan pelatihan untuk operator, masalahinfrastruktur teknologi, serta kurangnya koordinasi antara pihak sekolah dan DinasPendidikan dalam pembaruan data secara berkala. Meskipun demikian, programDapodik memberikan dampak positif dalam penyusunan laporan pendidikan yanglebih akurat dan transparan, serta membantu dalam pengambilan keputusan berbasisdata yang lebih efektif.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untukmeningkatkan kualitas implementasi Dapodik, khususnya di tingkat sekolah, gunamendukung sistem pendidikan yang lebih baik dan efisien. Faktor-faktor yang dapatmenghambat implementasi kebijakan program penyelenggaraan Sistem Data PokokPendidikan (Dapodik) di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan seperti : SumberDaya Manusia (SDM) yang terbatas, salah satu faktor utama yang seringmenghambat implementasi kebijakan adalah kurangnya keterampilan danpengetahuan dari pegawai atau tenaga yang bertanggung jawab dalam pengelolaanDapodik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.