IMPLEMENTASI MODEL EKSPOSITORY DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGULANGAN SAMBIL BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

Ni Komang Citawati

Abstract

Kontribusi guru dalam mencapai tujuan pendidikan tergolong sangat besar, karena guru secara langsung bersentuhan dengan siswa dan dapat mempengaruhi, membina, mengarahkan dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan mereka. Kontribusi tersebut juga dipengaruhi banyak faktor sehingga menyebabkan tujuan tidak tercapai sepenuhnya. Konsekuensinya, guru harus selalu berupaya meningkatkan prestasi belajar siswa dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan pembelajaran ekspositori dengan pemberian tugas pengulangan. Cara inilah yang akan digunakan untuk mengatasi rendahnya prestasi belajar Penjasorkes siswa di SD Negeri 1 Banyuasri. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk membuktikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya cara tersebut dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan ketuntasan belajar hanya mencapai 36,36%, siklus I meningkat menjadi 63,64%. Pada siklus II meningkat menjadi 90,90%. Hal itu membuktikan bahwa model ekspositori dengan metode pemberian tugas pengulangan dengan bermain yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.