Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Bahasa Inggris dalam Membuat Penilaian Belajar melalui Gabungan Supervisi Individu dan Supervisi Klinik

Made Tingkat

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah di kotamadya Buleleng, Provinsi Bali. Tujuan penulisan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah gabungan supervisi individual dan supervisi klinik dapat meningkatkan kemampuan guru SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Sawan dalam membuat penilaian pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah studi dokumen. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa gabungan supervisi individual dan supervisi klinik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membuat penilaian pembelajaran. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 69 dari data awal dan pada siklus II naik rata-ratanya menjadi 88 dari siklus I. Sedangkan persentase kenaikan kemampuan guru-guru dari awal naik menjadi 38 % pada siklus I dan naik lagi menjadi 27.5% pada akhir siklus II Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah gabungan supervisi individual dan supervisi klinik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membuat penilaian pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.