PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA BALI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIID SEMESTER I SMP NEGERI 2 SERIRIT

Ketut Aryani

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui tinggi peningkatan prestasi belajar bahasa bali setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Seririt. Instrumen yang dipergunakan adalah lembar observasi dan tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) mengalami peningkatan 10,20 point menjadi 73,20. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 4,60 point dengan rata-rata nilai siswa 77,80. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.