MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARA PENJASORKES DENGAN MODEL RESIPROKAL DALAM KELOMPOK BELAJAR PADA KOMPETENSI TEKNIK DASAR OLAHRAGA SD NEGERI 2 KALIBUKBUK

I Ketut Widiara

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas V di SDN 2 Kalibukbuk yang belajar pada semester II tahun pelajaran 2011/2012.Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model resiprokal. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 70,76 dengan ketuntasan belajar 42,42% pada siklus I naik menjadi 72,94 dengan ketuntasan belajar 69,70%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model resiprokal dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 2 Kalibukbuk.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.