MENGUPAYAKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG BENAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IXA SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 SERIRIT
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui tinggi peningkatan prestasi belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Seririt sebanyak 29 orang. Instrumen yang dipergunakan adalah tes prestasi belajar yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar IPA siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), hal ini dilihat dari rata-rata awal 62,09 meningkat menjadi 66,38 pada siklus I dan meningkat menjadi 72,07 pada siklus II dengan ketuntasan belajar awal 31% pada siklus I meningkat menjadi 51,72% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Dari hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.