SUPERVISI PEMBELAJARAN DENGAN FOCUS GROUP DISCUSSION MENINGKATAN KEMAMPUAN GURU-GURU MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DIRCOVERY

Umardani Umardani

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan supevisi pembelajaran dengan Focus Group Discussion (diskusi kelompok terfokus) mampu meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran discovery learning. Penelitian ini berlangsung di SD Negeri 012 Ranai, Kabupaten Natuna. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil penelitian adalah metode obervasi sedangkan metode analisis datanya adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan hasil yang diperoleh dari data yang berhasil dikumpulkan. Hasil pelaksanaan penelitian ini, diperoleh data peningkatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran discovery learning dari nilai rata-rata awal kemampuan guru sebesar 69,80 yang berada pada kategori C dengan ketuntasan secara klasikal hanya sebesar 40%. Pada siklus I setelah dilakukan pelaksanaan tindakan supervisi pembelajaran dengan diskusi kelompok terfokus nilai rata-rata kemampuan guru meningkat menjadi 78,47 dan termasuk kategori B dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 66,67%. Setelah dilakukan penyempurnaan tindakan pada siklus II, kemampuan guru meningkat menjadi rata-rata 86,80 dan berada pada kategori B dengan persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 93,33%. Simpulannya adalah pelaksanaan supervisi pembelajaran dengan diskusi kelompok terfokus yang dilaksanakan mampu meningkatkan kemampuan guru-guru SD Negeri 012 Ranai melaksanakan pembelajaran discovery learning.

Full Text:

PDF

References

Afiyanti, Yati. 2008. Jurnal Keperawatan Indonesia. Volume 12, No. 1, Maret 2008; hal 58-62. Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) Sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Akademik Keperawatan Maternitas FIK UI. Tersedia online http://jki.ui.ac.id/index.php/jki/article/view/201/312

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Hardianti, Rian Sriputri. 2016. Skripsi. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dalam Tema Selalu Berhemat Energi. FKIP. UNPAS.

https://krisnapry.files.wordpress.com/2012/07/meningkatkan-kemandirian-siswa-dalam-belajar-dengan-memanfaatkan-moodle.pdf

Kemendikbud. 2017. Panduan Kerja Kepala Sekolah. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Kemendikbud. 2017. Panduan Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Kemendikbud. 2014. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Purbasari, Margi. 2015. Skripsi. Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Daerah Binaan I Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Online https://lib.unnes.ac.id/22850/1/1401411062.pdf.

Rafiqah, Jauhar. 2017. Tesis. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Supervisi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Pai SDN Di Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Pascasarjana. https://idr.uin-antasari.ac.id/8189/.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke-10. Penerbit: Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.