PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TABANAN PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ni Made Yudani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 melalui Strategi Pembelajaran Investigasi Kelompok dalam Pembelajaran Geografi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020 pada semester genap yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Investigasi Kelompok. Obyek penelitian berupa peningkatan hasil belajar siswa. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan pedoman penilaian portofolio dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir tiap siklus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan strategi pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil ini dapat diketahui dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 80,1 dengan ketuntasan klasikal 77,4% meningkat ke siklus II menjadi 86,6 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,2% dengan menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok.

Full Text:

PDF

References

Kodiani, N. P. 2004. Pengaruh teknik penyajian pertanyaan-pertanyaan resitasi dan konstruksi yang kontekstual dan strategi kooperatif terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa kelas II SMA Lab IKIPN Singaraja. Laporan Penelitian Yang Dilombakan di Kabupaten Buleleng (Juara III). SMA Laboratorium IKIP Negeri Singaraja.

Lasmawan, I W. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Lateh, H. & Raman, A. 2005. A study on the use of interactive web-based maps in the learning and teaching geography. Malaysian Online Journal of Instructional Technology. 2(3). 99-105. Tersedia pada http://pppjj.usm.my/ mojit/. Diakses

pada tanggal 24 April 2007.

Muliahati, D. M. 2005. Penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan buku ajar dan lembaran kerja mahasiswa untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan geografi ekonomi di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha. Laporan Penelitian DIPA IKIP Negeri Singaraja. Lembaga Penelitian IKIPN Singaraja.

Santyasa, I W. 2004. Pembelajaran kooperatif. Makalah. Disajikan dalam pelatihan cooperative learning bagi para dosen Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 27-28 Maret 2004 di Yogyakarta.

Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo. Persada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.