MENENTUKAN UKURAN PENGARUH PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENELITIAN META-ANALISIS

I Gusti Ngurah Puger

Abstract

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), banyak guru- guru mulai dari TK sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang tidak menguji hipotesis tindakan tentatif melalui meta-analisis. Hipotesis tindakan tentatif tersebut langsung diuji dengan data primer. Hal ini mengakibatkan tindakan yang diaplikasikan untuk menanggulangi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran dipaksakan untuk cocok dengan masalah tersebut. Hipotesis tindakan tentatif baru bisa diubah menjadi hipotesis tindakan definitif atau bisa diuji dengan data primer, bilamana hasil uji meta-analisis menyatakan ukuran pengaruh (ES) dari sejumlah PTK yang searah bernilai positif (+). Dalam artian, hipotesis tindakan tentatif tersebut baru bisa diuji dengan data hasil penelitian pada suatu lokasi penelitian yang sudah ditetapkan setelah lolos proses pengujian meta-analisis.

Full Text:

PDF

References

Aryanti, Risnawati. 2013. “Menentukan Effect Size antar-Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Makalah yang Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas di IKIP Mataram, Tanggal 24 Agustus 2013.

Dantes, Nyoman. 2011. Meta-Analisis Tesis Program Pascasarjana Undiksha Singaraja. Singaraja: Lemlit Undiksha.

Gallet, Meredithal D. et al. 2003. Educational Research An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Glass, Gene V. et al. 1981. Meta-Analysis in Social Research. London: Sage Publications.

Karmana, Nyoman. 2011. “Analisis Deskriptif Sebagai Bentuk Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Makalah yang Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas di IKIP Mataram, Tanggal 5 Maret 2011.

Karta, Ketut. 2012. “Penurunan Hipotesis Tindakan Tentatif dari Kerangka Teoretis.” Makalah yang Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas di IKIP Mataram, Tanggal 5 Maret 2011.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Puger, I Gusti Ngurah. 2012. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).” Makalah yang Disampaikan dalam Lokakarya dengan Tema ‘PTK dan Profesionalitas Guru’ yang Diselenggarakan Oleh Disdikpora Provinsi Bali, di BPKB Denpasar Tanggal 25-28 Juni 2012.

Suryana, Wayan. 2009. “Indikator Keberhasilan, Tindakan yang Diimplementasikan, dan Hipotesis Tindakan Sebagai Kunci Vital dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Makalah yang Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas di IKIP Mataram, Tanggal 29 Juli 2009.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.