PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS IX B MTsT MARDLATILLAH SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Made Suandriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IXB MTsT Mardlatillah Singaraja. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan yang digunakan berupa kuesioner yang didukung dengan hasil observasi dan wawancara. Hasil kuesioner awal siswa menunjukkan skor rata-rata disiplin belajar siswa 94,79 dengan persentase 63,19%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi rata-rata 105,84 dengan persentase 70,56% setelah diberikan konseling behavioral teknik modelling. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu skor rata-rata 117 dengan persentase 78%. Hasil kuesioner dan wawancara menunjukkan kesesuaian dengan hasil kuesioner, bahwa terjadi perubahan perilaku siswa kearah positif yaitu meningkatnya disiplin belajar siswa setelah diberikan tindakan konseling behavioral dengan teknik modelling. Dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling behavioral dengan teknik modelling mampu meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IX B MTsT Mardlatillah Singaraja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.