SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PERAN GURU SMP NEGERI 9 BINTAN SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran melalui supervisi kunjungan kelas. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data awal peran guru sebagai fasilitator pembelajaran dengan rata- rata 61,17 (Cukup), secara keseluruhan hasilnya kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Bintan dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang guru. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan metode analisis datanya analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peran guru sebagai fasilitator pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 76,08 (Baik) dan pada siklus II sudah meningkat mendapat nilai rata-rata 92,08 (Amat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan peran guru-guru SMP Negeri 9 Bintan sebagai fasilitator pembelajaran pada semester I tahun pelajaran 2018/2019.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.