METODE DEMONSTRASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD N 2 LANDIH SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Hasil belajar bahasa Indonesia materi berbicara siswa kelas V SD N 2 Landih tahun pelajaran 2018/2019 rendah. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa karena guru masih menggunakan metode konvensional yang lebih banyak ceramah. Sehingga perlu diadakan tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi berbicara. Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia materi berbicara penulis menggunakan metode bermain peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran bahasa Indonesia melalui Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar materi berbicara pada siswa kelas V Semester II SD N 2 Landih tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi berbicara dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Langsung pada siswa kelas V SD N 2 Landih, tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi. Serangkaian kegiatan ini disebut satu siklus. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tindakan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi berbicara mengalami peningkatan. Saat pra siklus nilai rata-rata siswa 59,05, siklus I 63,33, dan siklus II 68,21. Prosentase ketuntasan pra siklus 21,43%, siklus I 42,86%, dan siklus II 92,86%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dalam Model Pembelajaran Langsung dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi berbicara.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.