UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIK DI SD NEGERI 1 BATUMADEG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Belum sinerginya pemilihan metode dan mediadengan karakteristik materi dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini, dan tujuan penelitian untuk meningkatkan sinergitas dan kualitas pembelajaran. Landasan teori dari penelitian ini adalah supervise klinis dan kemampuan guru dalam pembelajaran.Metode penelitian diantaranya setting naturalis dengan lokasi penelitian di SD Negeri 1 Batumadeg, dengan subjek 15 orang. Prosedur Penelitian mengikuti model Tindakan Model Elliot dengan jumlah tindakan dua siklus.Waktu penelitian dari bulan Juli sampai dengan Desember 2017.Metode pengumpulan data untuk tindakan adalah metode observasi untuk itu dibuat instrument pengumpulan data dalam bentuk format pengumpulan data.Metode analisis data deskriptif untuk menggambarkan proses tindakan dan data kuantitatif dianalisis dengan statistik univarian caranya mencari mean, modus dan median dengan indikator keberhasilan rerata 90 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan rerata perolehan pada kegiatan pendahuluan skor 68,26 meningkat menjadi 82,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 92,07 pada siklus II. Dengan demikian Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 1 Batumadeg.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.