PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 MUNDUK

Ida Ayu Putu Sasmita

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Munduk yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas V SD Negeri 4 Munduk semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dengan menerapkan metode demonstrasi berbantuan video animasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 4 Munduk semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah tiga puluh tiga orang, terdiri dari tujuh belas orang laki-laki dan tiga belas orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan sebagai berikut; (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan penilaian, dan (4) refleksi. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan teknik nontes dan tes. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian pada siklus-1 aspek pengetahuan; (1) nilai terendah 60,00, (2) nilai tertinggi 88,00, (3) rata-rata kelas 76,48, (4) peserta didik yang tuntas 81,82%, dan (5) peserta didik tidak tuntas 18,18%. Untuk aspek keterampilan; (1) nilai terendah 59,26, (2) nilai tertinggi 88,89, (3) rata-rata kelas 74,86, (4) peserta didik yang tuntas 75,76%, dan (5) peserta didik yang tidak tuntas 24,24%. Hasil penelitian pada siklus-2 aspek pengetahuan; (1) nilai terendah 60,00, (2) nilai tertinggi 92,00, (3) rata-rata kelas 78,67, (4) peserta didik yang tuntas 93,94%, dan (5) peserta didik tidak tuntas 6,06%. Untuk aspek keterampilan; (1) nilai terendah 61,11, (2) nilai tertinggi 88,89, (3) rata-rata kelas 77,10, (4) peserta didik yang tuntas 87,88%, dan (5) peserta didik yang tidak tuntas 12,12%. Berdasarkan analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode demonstrasi berbantuan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas V SD Negeri 4 Munduk semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.