PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SISWA KELAS VIII.D SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA

I Made Gede Sudarma

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan penerapan model pembelajaran CIRC, (2) meningkatkan kemampuan menulis Bahasa Inggris dengan penerapan model pembelajaran CIRC, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan CIRC. Penelitian ini dilakukan dua siklus pembelajaran. Penerapan langkah-langkah CIRC setiap proses pembelajaran diamati oleh dua orang observer. Kemampuan membaca dan menulis siklus I tentang teks Recount. Siklus II tentang memahami bacaan dan menulis teks Narrative. Tanggapan siswa diperoleh melalui kuisioner. Penelitian ini dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan membaca dan menulis apabila jumlah siswa mencapai ≥ 60% dari jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti proses pembelajaran hasil tes akhir siklus lebih besar dari tes pra-siklus, nilai rata-rata kelas tes akhir siklus ≥ 70, jumlah nilai kemampuan membaca dan menulis tes akhir siklus minimal dibulatkan sama dengan 70 mencapai ≥ 70% dari keseluruhan siswa, dan tes tanggapan siswa minimal berkategori baik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase peningkatan siklus I sebagai berikut. Peningkatan kemampuan membaca dan menulis dicapai sebesar 86,5%, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah 52%, dan rata-rata nilai kelas adalah sebesar 6,4. Persentase peningkatan siklus II sebagai berikut: peningkatan kemampuan membaca dan menulis dicapai peningkatan sebesar 83,1%, jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah 73%, dan rata-rata nilai kelas adalah sebesar 7,2. Hasil penelitian juga menunjukkan respon positip siswa terhadap penerapan model pembelajaran CIRC.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.