PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR, AND HOW UNTUK PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA

Ni Luh Ertini

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 3 Jungutbatu pada semester I tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi PKN siswa setelah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning yang penerapannya berpedoman pada prinsip what, why, what for and how dilakukan dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar dengan metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif karena data yang diperoleh masih berbentuk angka. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hal ini nampak dari perolehan prestasi belajar siswa. Dari data awal prestasi belajar siswa baru mencapai 71,71, dengan persentase ketuntasan belajar baru mencapai 28,57%. Kemudian pada siklus I prestasi belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 75,29, dengan persentase ketuntasan sebesar 71,43%. Dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 79, dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Setelah dilakukan analisis dari data yang ada maka diperoleh kesimpulan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning jika dilaksanakan dengan penerapan prinsip what, why, what for, and how sebagai acuan dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.