PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN SISWA KELAS II SD NEGERI 1 BANJARANGKAN PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ayu Putu Suarning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SD Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian ini berjumlah: 20 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan dan objek penelitian adalah hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan bimbingan kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi tes hasil belajar. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran Inquiry berbantuan bimbingan kelompok dalam mata pelajaran IPA pada siswa Kelas II Semester 1 di SD Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 69,50 yang berada pada kategori cukup tinggi, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72,75 dengan kategori tinggi, terjadi peningkatan sebesar 3,25.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.