IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM SISWA KELAS IX.1 SMP NEGERI 1 BANJARANGKAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I Wayan Ardana

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari s/d Juni 2018, di SMP Negeri 1 Banjarangkan, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX.1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 orang (13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan). Objek penelitian adalah hasil belajar teknik dasar Lempar Cakram dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar Lempar Cakram siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Banjarangkan semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Setiap siklus dalam rancangan penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu : (1) planing/perencanaan, (2) acting/tindakan, (3) observing and evaluating/ observasi dan penilaian, dan (4) reflecting/refleksi yang berulang secara siklus. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar yang diolah dengan metode analisis deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus-1 sebagai berikut; ketuntasan klasikal 62,96%. Meningkat pada siklus-2 menjadi 88,89%. ada peningkatan hasil belajar teknik-teknik dasar Lempar Cakram siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Banjarangkan semester II tahun pelajaran 2017/2018 setelah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Demikian juga jika mengacu kepada indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan klasikal 85%, pembelajaran pada siklus-1 belum memenuhi indikator keberhasilan penelitian tetapi secara bertahap pembelajaran pada siklus-2 sudah mampu memenuhi indikator keberhasilan penelitian karena mencapai 88,89%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.