OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
Abstract
Kelemahan-kelemahan pelaksanaan proses pembelajaran harus diupayakan lewat melakukan sebuah penelitian tindakan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan di kelas VIII/B di SMP Negeri 2 Nusa Penida Pada semester II tahun pelajaran 2016/2017 bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Upaya yang dilakukan ini, tidak main-main karena dilakukan dengan membaca teori-teori yang disampaikan para ahli pendiikan untukd iterapkan secara benar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Cara mengumpulkan datanya dilakukan melalui tes dan cara analisisnya adalah menggunakan analisis deskriptif. Terjadi hal yang menggembirakan bahwa setelah semua data dianalisis terjadi peningkatan kemampuan siswa menerpa ilmu pengetahuan. Data awalnya baru mencapai nilai 54, pada siklus I naik menjadi 73 dan pada siklus II naik menjadi 77. Ketuntasan belajar mereka sudah tercapai 88%. Data pada siklus II menunjukkan bahwa keberhasilan yang diharapkan telah tercapai bahkan telah melebihi indikator keberhasilan penelitian penelitian yang diusulkan. Dengan demikian penulis berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Solving yang diterapkan dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.