MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI RUPA SISWA SMA NEGERI 1 GEROKGAK

Nyoman Karnaka

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gerokgak di Kelas X.6 yang kemampuan seni rupa siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar seni rupa siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rata-rata pada awalnya 70, pada siklus I meningkat menjadi 74, dan pada siklus II meningkat menjadi 80. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Instruction dengan media gambar dapat prestasi belajar seni rupa siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.