PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJAS ORKES
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subyek pada siswa kelas IV SDN 4 Banyuasri pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan dipergunakan analiis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 72,17 pada siklus I meningkat menjadi 73,39 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,89. Keberhasilan tersebut menunjukan bahwa penerapan Metode Inkuiri meningkatkan prestasi belajar teknik dasar pada pelajaran penjaskes siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2014/2015 SDN 4 Banyuasri dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.