OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SMP NEGERI 1 SERIRIT
Abstract
Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian tindakan kelas adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Peningkatan tersebut akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas VIID di SMP Negeri 1 Seririt yang belajar pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 70.78 dengan ketuntasan belajar 53% pada siklus I naik menjadi 73.44 dengan ketuntasan belajar 65.63% kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 78.28 dengan ketuntasan belajar 88%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIID di SMP Negeri 1 Seririt.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.