MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN STRATEGI MEMBACA KWL (KNOW, WHANT TO KNOW AND LEARND) SISWA KELAS XI AKUTANSI A SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Ni Nyoman Murtini

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Perolehan data awal yang rendah pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 membuat peneliti mengupayakan membenahi proses yang kurang baik yang telah dilaksanakan. Perbaikan proses pembelajaran dilakukan melalui penerapan strategi KWL (Know, Whant to Know and Learnd). Strategi ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Setelah data dikumpulkan melalui instrumen tes prestasi belajar, diperoleh peningkatan kemampuan membaca dengan data awal yang rata-rata kelasnya yaitu mencapai 76,45 Dengan prosentase ketuntasan belajar baru mencapai 45,16%, pada siklus I meningkat menjadi 79,19 rata-rata kelas dan 77,41% untuk ketuntasan belajarnya. Sedangkan pada siklus II data tersebut telah meningkat menjadi 84,67 rata-rata kelasnya dan 96,77% ketuntasan belajarnya. Data pada Siklus II ini sudah menunjukkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang melebihi indikator yang dipersyaratkan. Oleh karenanya peneliti berkesimpulan bahwa penerapan penerapan strategi KWL (Know, Whant to Know and Learnd) dalam melaksanakan proses pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.