PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DI SD NEGERI 006 BINTAN TIMUR TAHUN 2019

Dalela Dalela

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, diketahui Kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum masih terkategori Cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum melalui supervisi edukatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi dan metode analisis datanya dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum dapat ditingkatkan melalui supervisi edukatif. Terbukti dengan terjadinya peningkatan Kompetensi guru-guru dari Prasiklus yang terkategori Cukup dengan rata-rata 64,56, pada Siklus I menjadi Baik dengan rata-rata 76,38 dan pada Siklus II menjadi Amat Baik dengan rata-rata 92,06.Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum dapat ditingkatkan melalui supervisi edukatif pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.