MEMAKSIMALKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN DEBAT AKTIF SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
Abstract
enelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 1 Seririt yang tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang rendah. hal ini terbukti dari nilai ketuntasan belajar siswa kelas VIII A pada semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 baru mencapai 69,58. Ketidakberhasilan guru dalam mengajar merupakan faktor yang harus dirubah sehingga peneliti mencoba melakukan proses pembelajaran menggunakan metode Debat Aktif / model pembelajaran kooperatif. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 70,88 dengan ketuntasan belajar 63% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 77,03 dengan ketuntasan belajar 88,13%. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwa penerapan metode Debat Aktif model pembelajaran kooperatif mampu meningkakan prestasi belajar IPA.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.