TEKNIK SEMANTIC MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KOSAKATA DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP NEGERI 2 BINTAN

Elnui Elnui

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Inggris mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak akhir-akhir ini. Hal ini disebabkan oleh keluhan masyarakat akan rendahnya kualitas tamatan SMP dalam menggunakan Bahasa Inggris. Kendala terbesar selama ini adalah rendahnya keterampilan menulis kosakata Bahasa Inggris oleh siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bintan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bintan dalam menulis kosakata Bahasa Inggris. Prosedur penelitian adalah dengan menggunakan semantic mapping sebagai alat bantu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semantic mapping sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bintan. Daya serap yang semula hanya 59.95% (13 siswa) pada pengajaran siklus 1, pada pengajaran siklus 2 meningkat secara signifikan menjadi 80.06% (31 siswa). Hal ini membuktikan bahwa semantic mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis kosakata Bahasa Inggris pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Bintan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.