PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN KOLABORASI MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 6 BATAM

Wiartis Wiartis

Abstract

Penelitian ini merupakan praktek pembelajaran dalam Best Practice yang dilakukan di SMP Negeri 6 Batam di kelas kelas IX 3 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam Pembelajaran bahasa Inggris tentang teks Prosedur menggunakan prosedur kegiatan Best Practice yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setelah berakhir pembelajaran teks Prosedur yang menerapkan metode Project Based Learning ini didapatkan hasil bahwa (1) Peserta didik menjadi lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran, (2) Pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan metode PjBL ini meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan transfer knowledge dan sikap berkolaborasi antar teman, (3) penerapan metode pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari tingkat partisipasi peserta didik untuk mengorganisasi proyek seperti mengatur waktu, mencari sumber, memecahkan masalah-masalah yang mereka temui dalam penyelesaian proyek dan ini akan menambah pengalaman belajar mereka, (4) Penerapan metode pembelajaran PjBL ini dapat melatih dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik itu dalam proses pembuatan proyek maupun dalam melaporkan hasil yang didapat, (5) Membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan menantang, dan (6) Dengan berkolaborasi dengan mata pelajaran lain, metode yang diterapkan ini dapat mengefesienkan waktu dan tugas yang dikerjakan peserta didik. Simpulan yang diperoleh adalah Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam Pembelajaran bahasa Inggris tentang teks Prosedur.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.