MEMAKSIMALKAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN

Luh Seriasih

Abstract

Kemampuan siswa kelas I SD Negeri 1 Banjar Jawa pada mata pelajaran PKN tergolong masih rendah. Sebagian besar siswa belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media gambar dalam mata pelajaran PKN telah membuat prestasi siswa menjadi meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan melihat adanya peningkatan prestasi belajar dari data awal nilai rata-rata sebesar 77,8 pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 79,04. Pada siklus II prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 81,67 dari siklus I. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 69,04% pada data awal menjadi 73,80% pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 92,85%. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif dengan media gambar dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar PKN.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.