PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Adanya peningkatan prestasi belajar sangat perlu diupayakan. Dalam penelitian ini peningkatan prestasi belajar yang diupayakan lewat penelitian tindakan kelas ini diupayakan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode karyawisata dalam proses pembelajaran. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 30 orang yang belajar di kelas V SD Negeri 6 Banyuning pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 setelah data dikumpulkan lewat instrumen tes prestasi belajar dan dianalisis dengan analisis deskriptif diperoleh data awal dengan rata-rata 54, ketuntasan belajar 13%. Data ini meningkat pada siklus I menjadi 61 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 40% dan pada siklus II data itu meningkat menjadi 80 rata-ratanya dengan ketuntasan belajar 96%. Pada siklus ke II telah diperoleh data sesuai harapan indikator keberhasilan penelitian dengan perolehan nilai rata-rata melebihi KKM mata pelajaran Matematika. Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini dicukupkan sampai pelaksanaan siklus II mengingat keberhasilan yang dicapai sudah sesuai harapan, pelaksanaan proses belajar mengajar sudah maksimal dapat dilaksanakan, inovasi sudah giat dilakukan, bimbingan bagi siswa yang penyerapan keilmuannya masih rendah juga telah mampu diperbaiki. Data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan sudah dapat dibuktikan keberhasilannya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.