PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENJAS ORKES DENGAN PENERAPAN METODE DRILL DAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA NEGERI 3 KAMPUNG ANYAR

Ketut Gede Relo Budiartana

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas 5 di SD Negeri 3 Kampung Anyar yang belajar pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan metode Drill dan Tutor Sebaya. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 65,75 dengan ketuntasan belajar 45% pada siklus I naik menjadi 72 dengan ketuntasan belajar 65% kemudian pada siklus II naik menjadi 78,25 dengan ketuntasan belajar 90%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode Drill dan Tutor Sebaya dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri 3 Kampung Anyar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.