IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA KONGRET DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Rendahnya prestasi belajar kelas 1 SD Negeri 1 Kaliuntu yang baru mencapai rata-rata 70,95 dengan ketuntasan belajar 72,5% membuat peneliti berpikir banyak. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilakukan akhirnya dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengganti model yang telah dilakukan bertahun-tahun dengan model baru yang bersifat kontruktivis. Setelah giat melakukan pembelajaran dan giat mengumpulkan data menggunakan tes serta melakukan analisis menggunakan analisis deskriptif, diperoleh peningkatan hasil sesuai harapan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan siswa mencapapai nilai rata-rata kelas 73,75 dengan ketuntasan belajar 82,5% pada siklus I dan pada siklus II telah diperoleh peningkatan menjadi rata-rata 78,75 dengan ketuntasan belajar 95%. Semua data yang telah diperoleh menunjukkan keberhasilan perbaikan proses pembelajaran yang sebelumnya terus menerus dilakukan secara konvensional. Data tersebut menuntun peneliti ke sebuah kesimpulan bahwa penerapan Media kongkret dengan metoda kerja kelompok mampu meningkatkan prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.