MEMANFAATKAN STRATEGI PEMBERIAN PERINTAH DENGAN VARIASI PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SD NEGERI 1 BANJAR JAWA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas IVB SD Negeri 1 Banjar Jawa pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 72.51 (dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 39.02%), pada siklus I meningkat menjadi 73.41(dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 53.66%) dan pada siklus II meningkat menjadi 76 (dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90.24%). Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pemberian perintah (komando) dengan variasi permainan dalam pelaksanaan proses pembelajaran Penjasorkes mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.