MEMAKSIMALKAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR AND HOW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Wayan Wasita

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Banyuasri di Kelas V yang kemampuan siswanya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata siswa yang hanya 60 dengan ketuntasan belajar hanya 51%. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan selama proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, maka model pembelajaran konvensional ini perlu suatu inovasi baru, yaitu dengan memaksimalkan model pembelajaran Contextual Teaching And Leaarning dengan prinsip what, why, what for, how. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan prinsip what, why, what for, how dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan tes prestasi belajar. Sedangkan metode analisis data yang dipergunakan adalah metode deskriptif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran CTL dengan prinsip what, why, what for, how dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya nilai rata-rata siswa 60 meningkat menjadi 65.7 pada siklus I dan meningkat menjadi 73 pada siklus II. Sehingga bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan dengan prinsip what, why, what for, how dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.