UPAYA MAKSIMAL MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Ni Made Sulistiawati

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa kelas V SD Negeri 3 Tukadmungga pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 56, pada siklus I meningkat menjadi 59 dan pada siklus II meningkat menjadi 66 Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar sehingga penelitian ini tidak diteruskan ke siklus berikutnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.