OPTIMALISASI LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN PRINSIP WHAT WHY WHAT FOR AND HOW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn

Ni Ketut Tambun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan metode what why what for and how dalam proses pembelajaran. Subjek penelitiannya adalah kelas VI SD Negeri 2 Selat, pada mata pelajaran PKn tahun pelajaran 2014/2015. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif berupa hasil belajar yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes. Hasil yang diperoleh di analisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari ratarata awal 55,71 dengan ketuntasan belajar 28,57% pada siklus I meningkat menjadi 72,43 dengan ketuntasan belajar 54,29% dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 83,00 dengan ketuntasan belajar 91,43% Data tersebut menuntut peneliti untuk membuat simpulan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan metode what why what for and how mampu meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VI SD Negeri 2 Selat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.