PEMANFAATAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI BANTU PENUGASAN SECARA INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Made Sudi Astini

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 3 Tukadmungga di kelas I pada semester II tahun pelajaran 2014/2015 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model kooperatif tipe think pair share dengan media kartu huruf dibantu penugasan secara individual. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 55 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 50% Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah ini adalah 66 Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 62 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 75% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 76 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah model kooperatif tipe think pair share dengan metode media kartu huruf dibantu penugasan secara individual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.